Jun 8, 2015

Dampak E-Commerce Terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Kembali ke topik permasala-, eh, baru mulai ya? Maaf, maaf, maklumin lah ya masih efek libur panjang, sekalinya keseringan masuk pengen libur, tapi kalo udah libur lama..... tetep pengen libur, aku mah gitu orangnya~

Hari ini saya akan membahas masalah *efek suara main drum sendirian* dampak E-Commerce terhadap pribadi, masyarakat, dan negara!!! *efek suara tepuk tangan ..... sendirian*

Mungkin sudah banyak dari kalian yang membaca postingan ini, yang paham apa itu E-Commerce, sebentar saya Googling dulu......... ya, jadi E-Commerce (Electronic Commerce) itu bisa didefinisikan sebagai proses jual beli produk, jasa, dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan fasilitas Internet, anggap saja seperti pasar, tapi melalui Internet.

Kalau belum baca postingan saya yang sebelumnya, saya ini belum pernah melakukan transaksi secara online sampai sekarang, pengecualiannya paling hanya waktu tugas Softskill semester 3 yang diminta menjelaskan proses jual beli di sebuah Web E-Commerce, itupun sebenarnya saya tidak benar - benar sampai melakukan transaksi, jadi postingan ini hanya didasarkan pada hasil semedi saya selama 2 jam di depan Laptop.

Langsung aja yaaah~

Dampak E-Commerce terhap pihak-pihak individu (Konsumen dan produsen).

Dampak positif
- Mempermudah melakukan transaksi.
- Masyarakat dapat memperoleh barang dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan membelinya secara langsung.
- Mempermudah mendapatkan barang yang masih sulit dicari di kota asal.
- Memperluas jangkauan promosi produk bagi pihak penjual.

Dampak negatif
- Dalam beberapa kasus, justru bisa mengurangi keuntungan sejumlah pihak yang hanya menjual produknya secara langsung.
- Sangat rawan dijadikan media penipuan, terutama bagi orang-orang yang terhitung baru dalam menggunakan jasa E-Commerce.
Dampak E-Commerce terhadap masyarakat secara luas.

Dampak positif

- Memungkinkan masyarakat menjadi lebih fleksibel dalam menentukan tempat bekerja, misalnya mereka dapat bekerja dari rumahnya masing-masing tanpa harus pergi ke kantor.
- Meningkatkan daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produksi/service yang terbaik karena perusahaan yang mengeluarkan produk/service dapat menjualnya lebih murah karena biaya produksi yang rendah.
- Mengurangi pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.

Dampak negatif
- Mengurangi komunikasi masyarakat secara langsung, karena setiap transaksi hanya dilakukan melalui Internet.
- Terdapat bahaya potensial karena dapat terjadi kesenjangan sosial antara orang-orang yang memiliki kemampuan teknis dalam e-commerce dengan yang tidak, yang memiliki keahlian digaji lebih tinggi daripada yang tidak.

Dampak E-Commerce bagi negara.

Dampak positif
- Meningkatkan daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah.

- Semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja dan aktifitas lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara.

Dampak negatif
- Meningkatkan kemungkinan kasus penipuan Online dari pihak negara lain
- Biaya ekspor produk bisa menjadi sangat besar

Mungkin sekian saja untuk postingan kali, maaf kalau kurang menghibur, dan ini hasil copas dari postingan saya yang sebelumnya.
Jadilah pembeli yang cerdas, dan selamat menghabiskan uang berbelanja~

Referensi (Wejangan Mbah G)

http://bungasitianessya.blogspot.com/2010/06/keuntungan-dari-e-commerce-bagi.html
http://mbarikarika.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment