Mungkin
beberapa dari kalian sudah tau kalau hanya ada beberapa Media Sosial yang bisa
diakses di negeri tirai bambu, China. Hal ini tidak hanya menimpa situs – situs
kecil, tetapi Website – website seperti Facebook, Youtube, Twitter, Google
International dan sejumlah situs populer lainnya pun ikut menjadi korban Golden
Shield Project di China.
Tapi
bukan berarti China benar – benar kehilangan akses untuk situs Media Sosial,
mengingat salah satu tujuan GSP adalah mendongkrak popularitas situs – situs
asli China hingga tingkat Internasional, mulai banyak perusahaan lokal yang
mencoba membuat dan mempromosikan Media Sosial buatan mereka, dan hampir
semuanya dalam format Microblogging. Situs Microblogging paling populer di
China saat ini adalah Sina Weibo, yang akan saya bahas kali ini
Apa sih Microblogging itu?
Secara
sederhana Microblogging sama dengan Blogging pada umumnya, kita menulis sebuah
postingan (Post) yang dapat dibaca dan dikomentari oleh pengunjung dan teman
kita. Yang membedakan kedua istilah itu adalah pada Microblogging kita tidak
diharuskan menulis Artikel yang panjang atau bersifat Informatif, kalimat
pendek seperti “Saya sedang makan”, foto, dan video, pun bisa diposting secara
tersendiri seperti halnya menulis Tweet pada Twitter, karena itu beberapa orang
menjuluki Sina Weibo sebagai Twitter China, tetapi istilah postingan pada
Microblogging disebut Micropost.
Lalu Sina Weibo itu apa?
Kata
Weibo dalam Sina Weibo sebenarnya tidak mengacu pada nama situs ini secara
keseluruhan, karena Weibo memiliki arti sama dengan Microblogging di China,
setiap web Microblogging disana membubuhkan kata Weibo. Sedangkan Sina sendiri
mengacu kepada nama perusahaan yang pertama kali mengembangkan situs ini, Sina
Corporation.
Banyak
orang yang menyingkat Sina Weibo menjadi Weibo saja, padahal sebenarnya Sina
Corp. bukan satu-satunya perusahaan Lokal yang mengembangkan Sosial Media
berformat Microblogging dan menggunakan kata Weibo disana, meskipun memang
tidak bisa dipungkiri kalau Sina Weibo lah yang paling populer.
Sina
Weibo sendiri adalah sebuah situs Microblogging asli China yang pertama kali
diluncurkan oleh Sina Corp. (Dibawah Weibo Corp.) pada 14 Agustus 2009 dan
terus bertambah populer hingga sekarang, bahkan diperkirakan sekitar 40%
pengguna Internet dari seluruh dunia sudah menjadi pengguna Sina Weibo,
termasuk sejumlah tokoh dan grup terkenal. Hingga pertengahan 2014
diperhitungkan sudah ada lebih dari 700 juta pengguna Internet yang mendaftar
ke situs ini dan ada setidaknya 100 juta Micropost yang di Post tiap harinya.
Fitur dan aturan yang ada di Sina Weibo apa saja sih?
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, oleh beberapa kalangan Sina Weibo sering disebut Twitter China, bukan hanya karena konsepnya yang terkesan serupa tetapi juga karena pada Sina Weibo kita bisa menemukan fitur dan aturan yang terdapat di Twitter, dengan ditambahkan beberapa fitur. Berikut adalah beberapa fitur dan aturan Sina Weibo :
- Total maksimal karakter pada satu kali Micropost adalah 140 karakter
- Mention (Menyebut nama Teman) dapat dilakukan dengan menambahkan @Username
- Menambahkan Hashtag dengan format #NamaHashtag#
- Bisa menambahkan hobi atau kesukaan untuk mempermudah mencari teman-teman yang sehobi
- Memfollow orang lain, sehingga Micropost mereka muncul di Timeline kita
- Merepost Micropost orang lain dengan //@UserName, seperti fitur Retweet pada Twitter
- Memasukkan Micropost yang kita suka (Baik Microsoft yang kita tulis, maupun yang orang lain tulis) kedalam daftar Micropost Favorit
- Verifikasi akun selebriti/tas atau orang terkenal
- Dapat mengakses Sina Weibo melalui Platform lain, seperti Android dan iPhone dengan menggunakan Aplikasi pihak ketiga, bahkan untuk beberapa Aplikasi sudah ditambahkan fitur Bahasa Inggris
- URL yang kita masukkan di Micropost secara otomatis diperpendek
- Pengguna dapat menambahkan Emoticon, musik, video, atau gambar pada Micropostnya
- Pada saat mengomentari Micropost orang lain, kita dapat menjadikan komentar kita sebagai suatu Micropost tersendiri, ataupun juga mengutip (Quote) Micropost yang kita komentari
- Kalau kita belum mendaftar pada Sina Weibo, kita hanya bisa membaca 5 Micropost terbaru dari sebuah akun, dan kita tidak bisa berkomentar atau merepost
Sina Weibo sangat ketat dengan peraturannya
Salah satu hal lain yang juga populer pada Weibo adalah sangat ketatnya aturan memposting sebuah Micropost. Post dengan menambahkan Link yang memang sudah dipendekkan (Seperti contohnya menggunakan website goo.gl) atau mengandung kata-kata yang tidak diijinkan akan otomatis terhapus, dan postingan yang mencantumkan sebuah berita berbahasa China akan dicek terlebih dahulu, jika memang layak akan tetap di Post, dan jika tidak akan dihapus. Ada juga sejumlah kata terlarang yang jika di Search akan menampilkan pemberitahuan kalau menurut hukum di China dan kebijakan Website mereka, tidak akan menghasilkan hasil Search apa-apa.
Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan Media Sosial China yang lain, Sina Weibo sering pula dianggap lebih “bebas” dalam mengijinkan apa yang kita tulis, selama memang tidak terlalu bersifat memprovokasi. Hal ini dapat dilihat pada kejadian kecelakaan kereta api di Wenzhou China pada Juli 2011, jutaan pengguna Sina Weibo menyuarakan kekesalan mereka tentang korupsi yang terjadi dalam pemerintahan hingga menyebar ke aspek-aspek seperti tidak terurusnya rel dan kereta api.
Peristiwa-peristiwa penting bagi Sina Weibo
Pada 7 April 2011 Sina Weibo resmi meluncurkan Domain baru mereka yaitu http://weibo.com, menggantikan Domain pertamanya yaitu http://t.sina.com.cn.
Pada 16 Maret 2012 pihak Sina Corp. membuat sebuah kebijakan baru, yaitu untuk para pengguna akun Sina Weibo yang tidak menggunakan nama asli sebagai Usernamenya harus segera diganti dengan nama asli tanpa menambahkan kata-kata/simbol-simbol khusus lainnya. Kebijakan ini mendapat respon negatif dari kebanyakan pengguna Sina Weibo, mereka beranggapan bahwa mereka (Yang tidak menggunakan nama asli) lebih merasa aman ketika membuat sebuah Micropost yang terkesan merendahkan pemerintahan China. Pada akhirnya kebijakan ini terhapus dengan sendirinya.
Pada 9 Januari 2014 situs Sina Weibo sempat mengimplementasikan bahasa Inggris meskipun hanya pada halaman utama dan halaman Login, tapi untuk alasan yang belum diketahui, satu minggu kemudian fitur itu dihapuskan. Sekitar pertengahan 2014 fitur ini kembali ditambahkan, meskipun tetap hanya pada halaman halaman utama dan halaman Login, bahkan hingga sekarang belum diperbaiki.
Pada pertengahan Maret 2014, Sina Corp. sepakat untuk melepaskan diri dari Weibo Corp. dan menjadikan Sina Weibo sebagai produk asli perusahaan mereka yang tidak terikat oleh perusahaan lain, namun baru melepaskan diri pada 17 April 2014, dengan Sina Corp memegang 56.9% kepemilikan perusahaan.
Cara mendaftar Sina Weibo
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Sina Weibo pada dasarnya ditujukan untuk warga China, karena itu untuk yang bukan berasal dari China akan mengalami sejumlah kesulitan saat mendaftar, seperti tidak memiliki nomor kependudukan China dan nomor Handphone China (Yang dibutuhkan saat mendaftar), dan meskipun sudah ditambah untuk beberapa negara, Indonesia tetap belum termasuk.
Tapi jangan khawatir, bukan berarti kita tidak bisa mendaftar ke Sina Weibo, ada cara tersendiri untuk mendaftar bagi orang yang negaranya tidak ada di daftar, dengan syarat harus menggunakan E-mail International (@yahoo.com, @gmail.com). Berikut akan saya jelaskan langkah-langkahnya.
1. Pertama, buka alamat http://weibo.com/login.php.Jika sudah klik pada tombol Sign Up Now.
2. Pada jendela berikutnya, pilih Tab Official Registration, sayangnya bagian ini belum diterjemahkan kedalam bahasa Inggris. Isikan yang diminta, lalu klik Sign Up Now.
3. Akun Weibo kita telah berhasil dibuat, tetapi untuk benar-benar bisa memakainya, kita harus melakukan Aktivasi. Buka E-Mail yang kita gunakan untuk daftar, lalu cari E-Mail dari Weibo (Kalau di Gmail, di Tab Social) dan klik pada Link yang telah disediakan Weibo.
4. Berikutnya isi data untuk Profil anda, nickname adalah nama yang akan anda gunakan pada Weibo, lalu tanggal lahir, jenis kelamin (Kiri laki-laki, kanan perempuan), dan lokasi tempat tinggal dibiarkan saja. Jika sudah, klik Button dibawahnya.
5. Kembali ke alamat http://weibo.com/login.php lalu Login
6. Selamat, sekarang anda telah memiliki akun Weibo
Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Sina_Weibo
http://en.wikipedia.org/wiki/Microblogging
Ada-ada aja. Peraturannya ketat nian. Di Indonesia ngejelekin orang ja dapat. :D. terimakasih
ReplyDeleteKak, setelah step kedua kok jadi vertifikasi kode melalui sms :'
ReplyDeleteIya, tadi juga iseng2 Browsing, kayaknya emang mulai sekitar Desember 2015, udah bener2 diwajibin verifikasi pake nomor telepon.
DeleteKalo waktu itu si sebenernya juga perlu masukin nomor telepon, tapi ada cara ngakalinnya, cuman kayaknya udah ga bisa, udah lupa juga link-nya
Pernah sempet baca kalo Sina juga nerima Registrasi make akun Facebook sama make Email Sina (Kayak Gmail sama Yahoo gitu, tapi perlu nunggu dulu), tapi ga pernah nyoba si
utk registrasi di weibo, sdh bs pakai fb dan akun LINE. gak pakai lama bs online. tp utk posting komentar dan foto2 di wall kita sendiri, hrs pakai nomor hp. hanya bs ngelike. share jg gak bs semuanya bisa. konten2 tertentu doang yg bisa.
Deleteaku gak bisa daftar nihM diminta no. telpon china nya? tolong dong
ReplyDeletesaia juga daftarnya pake no india mbak :v
ReplyDeletenipu orang aja :v
min cara liat orang yang ngelike postingan kita gimana min? :v
ReplyDeletemasih bingung :v
kasih SS dong min
:v
Deletecara verifikasi via sms gimana ? bikin no pake twilio tp gak tau notif nya dimana. ada yang bisa bantu /
ReplyDeletegak bisa via sms dari nomor Indonesia. minimal punya no hp orang singapura.
Deletesaranku, mendingan log in pakai akun FB dan LINE.
ka aku udh coba lebih dri 12 kali. tapi ttp aja ga bisa... bisa bantuiin ga? butaan akun aku... aku udh stres dan frustasi hihihi
ReplyDeleteKak,caranya liat artis yang lagi online gimana ya?
ReplyDeletePake aplikasi super fans club
Delete